Hosting Indonesia

Sabtu, 27 Agustus 2011

Cara Membuat Susu Kedelai

Dibandingkan dgn susu sapi yg bias menaikkan kolesterol. Dlm 1 gelas susu kedelai terdapat lebih kurang 20 mg isoflavon, yaito sumber antioksidan potensial.
Isoflavon bermanfaat utk mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis, dan mengurangi resiko kanker. Utk kecantikan kulit, antioksidan dlm isoflavon menjaga kehalisan dan kemulusan kulit.
Berikut ini adl cara sederhana membuat sendiri susu kedelai agar manfaat optimal bias didapat:
1.Merendam
Bersihkan biji kedelai dan rendam dlm air selama 10-16 jam.  Anda bias menguliti kedelai dan membilasnya dgn air. Menguliti kulit kedelai ini akan membuat proses ekstrasi lebih efisien.
2.Memanaskan (opsional)
Pemanasan ini boleh tdk dilakukan. Pemanasan ini hanya utk menghilangkan bau langu yg ada di biji kedelai. Proses pemanasan bias dilakukan dgn memasukkan biji kedelai yg sudah direndam ked lm microwave selama dua menit.
3.Menggiling biji kedelai
Giling biji kedelai yg sudah direndam dgn satu liter air dlm mesin blender. Saring menggunakan kain utk memisahkan ampas dgn sari kedelai.
4.Merebus susu kedelai
Panaskan susu kedelai sampai titik didih dan teruskan merebus selama 5-10 menit. Tunggu sampai dingin dan susu kedelai siap diminum. Susu ini bias disimpan di lemari es sampai tiga hari.
5.Memberi rasa (opsional)
Susu kedelai bias diminum apa adanya, tapi bias juga ditambahkan gula sebagai perasa. Dgn susu kedelai, kita juga dpt membuat smoothies buah yg sangat sehat karena mengandung kedelai dan buah-buahan segar.
Sumber : Kompas dot com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakan Komentar Anda